Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa Krama

Kebiasaan Ucapan Selamat Ulang Tahun di Dunia

Adat dan kebiasaan tiap bangsa dan kaum berbeda-beda. Demikian juga tentang peringatan hari lahir. Di China, kebudayaan mie panjang umur untuk dimakan saat seseorang ulang tahun hampir menjadi keharusan. Para pejabat, berlomba-lomba menjilat atasan mereka, dan momen ulang tahun inilah yang dirasa paling tepat. Tentu saja, perayaan di sana, tidak tiap tahun dirayakan, melainkan kecil-kecilan, dan diadakan besar-besaran tiap 10 tahun. Artinya jika anda berulang tahun pada usia ke 89, tidak akan semegah pada saa usia mencapai 90 tahun. 

Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Jawa

Lain dengan masyarakat Cina yang merayakan ulang tahun sejak jaman kuno, orang-orang Jawa dahulu tidak pernah melaksanakan perayaan ulang tahun. Ucapan sugeng tanggap warsa, yang artinya Pada bahasa Jawa atau bahasa manapun pemilihan kalimatnya biasanya menyesuaikan dengan siapa yang diberi ucapan selamat. 

Ucapan Sugeng tanggap Warsa yang artinya adalah selamat ulang tahun itu muncul pada ada perkembangan jaman kolonial Belanda dan orang-orang Jawa yang merayakan ulang tahun adalah kebanyakan antek-antek asing antek-antek penjajah pada saat itu

Mengutamakan orang yang lebih tua

 Pada perkembangannya ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jawa ini mempunyai berbagai macam variasi berdasarkan orang yang sedang dihadapi sebagaimana ucapan selamat dalam bahasa Jawa atau bahasa manapun pasti memerlukan pemilihan kata yang biasanya menyesuaikan dengan siapa yang diberi ucapan selamat. Umumnya pada masyarakat Jawa dan masyarakat Cina sedikit kesamaan yakni sangat mengutamakan superioritas.
Terkadang ada paman yang masih muda, karena ia adalah adik bapak, tetapi usianya lebih muda dari kita, tetap saja dalam tata bahasa kita sehari-hari kepadanya harus lebih hormat,dibanding kepada orang lain. Dalam hal ini misalkan orang yang sedang berbahagia itu masih kepernah (terhitung) angkatan tua walau usianya lebih muda maka kita harus memakai bahasa Jawa krama.

Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Jawa

Menjawab permintaan contoh ucapan ulang tahun dalam bahasa Jawa maka berikut kami hadirkan contohnya:

1. Contoh ucapan standar

Ngaturaken sugeng tanggap warsa, mugi tansah pinaringan rahayu, lan barokah saking Alloh subhanahu wa ta'ala, aamiin


arti: Selamat ulang tahun semoga selalu diberi keselamatan & barokah dari Allah Subhanahu Wa ta’ala.

2. Contoh ucapan selamat ulang tahun bahasa jawa dari artis

Atau menggunakan contoh ucapan selamat ulang tahun bahasa jawa terbaru yang dipakai KD untuk papanya: Ngaturaken Sugeng Tanggap Warsa 75th kagem papa, Mugio pinaringan wilujeng selamet lan lumebering rejeki kaliyan pinaringan kasihatan dening Ingkang Murbeng Dumadi, Allah SWT. #hutpapa75th #love #keroncong #abadi,"
Yang artinya: menghaturkan selamat ulang tahun ke 75 kepada ayahanda, semoga diberi kesejahteraan keselamatan dan rejeki yang melimpah, serta diberi kesehatan oleh yang maha kuasa, Allah Subhanahu Wata'ala.

3.Contoh ucapan selamat ulang tahun pada adik / orang yang lebih mudah

Akan tetapi jika yang berulang tahun itu usianya lebih muda, atau seumuran alias sebaya maka tidak harus-harus menggunakan bahasa jawa krama. Bisa menggunakan bahasa madya (dipakai untuk orang seumuran yang belum begitu akrab). Contoh ucapan selamat ulang tahun kepada orang yang semadya (sepantaran) yang tidak terhitung angkatan tua. Kita tidak lagi menggunakan bahasa Krama Inggil (bahasa jawa yang paling sopan) tetapi menggunakan bahasa madya (pertengahan, sedang) atau ngoko (kasar / biasa).

Versi Dalam Bahasa Pertengahan / Jawa Madya versi 1: 

Sugeng tanggap warsa, mugoa slirane diparingi barokah sing kathah.

Artinya selamat ulang tahun semoga slirane (kamu tetapi dengan endearment / rasa sayang) diberi keberkahan yang banyak.
 

Versi Dalam Bahasa Pertengahan / Jawa Madya versi 2:

Atau Versi Bahasa pertengahan yang lain: Sugeng ambal warsa, mugoa sliramu pinaringan barokah sing kathah. 
Artinya: sama dengan di atas
 

Ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jawa dari orang yang lebih tua kepada yang lebih muda

Sugeng ambal warsa, muga-muga tinambahe umurmu dibarengi tinambahe becike atimu lan mantepe kadewasanmu. 
Artinya Selamat ulang tahun, semoga dengan bertambah umurmu, diringi bertambah kebaikan hatimu, dan semakin mantap kedewasaanmu

Versi Dalam Bahasa Ngoko / Jawa Kasar:

Dalam Bahasa Jawa Kasar atau Ngoko sebenarnya tidak ada ucapan ini. Sebagaimana diterangkan di atas, bahwa budaya ulang tahun di Jawa dimulai dari golongan ningrat dan antek-antek penjajah belanda yang nota bene golongan menengah ke atas. Maka dalam golongan menengah ke bawah terutama kaum buruh di Jawa yang memakai bahasa kasar ngoko umumnya tidak dijumpai hal ini. Akan tetapi pada perkembangannya budaya ulang tahun ini pun merambah kepada golongan kasta pekerja yakni orang-orang marginal. Lama-kelamaan kebudayaan ulang tahun ini menjadi lazim, dan akrab di telinga sehari-hari. Hal ini berkembang hingga sekarang. 
Seiring dengan meningkatnya ekonomi masyarakat, dan tidak hanya disibukkan oleh memikirkan kebutuhan sehari-hari. Ulang tahun tidak didominasi oleh golongan priyayi atau ningrat atau orang yang ekonominya menengah ke atas.
 

Ucapan Selamat ulang tahun Dalam Bahasa Sunda / Jawa Barat

Berikut update ucapan yang juga memuat tambahan ucapan selamat dalam bahasa Sunda:

Salamet deui warsih, panjang umur sarta muga gancang bisa jodoh. Salamet deui warsih, panjang umur sarta murah rejeki, sarta sukses dina pakasaban.
Artinya kurang lebih Selamat ulang tahun, panjang umur dan semoga cepat dapat jodoh dan selamat ulang tahun, panjang umur dan murah rejeki, serta sukses dalam pekerjaan)

Demikian sederet ucapan ulang tahun dan kebudayaan yang menjadi latar belakangnya terutama di Jawa dan Dunia pada umumnya. Semoga bermanfaat, dan silahkan diambil hikmah yang baik, jika agama anda melarang untuk melarangnya, hendaknya anda patuh. Karena ketaatan pada syariat itu adalah agama itu sendiri.