Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ucapan Selamat Bertunangan Pada Sahabat, Dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

Ucapan Selamat Bertunangan Dalam Bahasa Inggris

Kulit boleh sama hitam, tetapi hati siapa yang sama? 

Dan tentunya dalam beragam adat istiadat, kebiasaan juga pastinya ada berbeda. Dalam budaya orang timur, memang jarang saling berkirim kartu ucapan seperti Ucapan selamat bertunangan namun bagaimana dengan budaya di daerah lain? Tentunya tidak begitu. Greeting cards dengan berbagai desain kreatifnya memang budaya dari Barat, tetapi surat-menyurat adalah budaya seluruh manusia. 
 

Budaya Manusia Planet Ini

Manusia sebagai mahluk sosial tidak bisa lepas dari interaksi dengan sesama. Boleh saja berbeda keyakinan, berbeda ras dan suku bangsa, tetapi tidak menutup kemungkinan kita akan bertetangga dengan orang-orang dari lain negara, seperti Amerika, Australia, atau lainnya. Sehingga terkadang mau tidak mau, dalam berinteraksi, budaya mereka masuk berasimilasi dengan adat istiadat setempat,  walaupun filter-filter agama biasanya ketat dalam menseleksi apa-apa yang boleh dilaksanakan dan apa-apa yang ditinggalkan dari budaya mereka.
Undangan Makan Bersama Acara Pertunangan
Bahkan pertunangan di Indonesia masih sangat jarang terutama kalangan muslim. Karena memang tidak ada bagian pertunangan dalam agama Islam. Yang ada hanya lamaran, lalu nikah. Di Barat, atau yang menganut kebudayaan mereka, tidak jarang terjadi undangan makan bersama, untuk beberapa acara ceremonial seperti pertunangan, akhirnya beberapa teman menganggap tidak mengapa mewakilkan ucapan selamat tersebut dalam bentuk hadiah disertai dengan kartu ucapan selamat (greeting cards). Berikut adalah contoh ucapan selamat bertunangan kepada sahabat, secara formal, baik bahasa Inggris maupun artinya dalam Bahasa Indonesia

Kawanku Duncan McCleod, Kami mendengar kabar bahwa baru-baru ini anda telah bertunangan, untuk itu selekasnya saya menulis surat untuk menyampaikan ucapan selamat kepadamu.

Alangkah beruntungnya engkau, selain mendapat posisi yang baik, kami mendengar tunanganmu juga sangat cantik, alhamdulillah yang telah menganugerahi engkau dengan bermacam kenikmatan. Karena itu bersyukurlah, dan jagalah tunanganmu baik-baik.

Semoga semua berjalan baik-baik sesuai rencana menuju keluarga yang bahagia.

Sampaikan hormat saya kepada orangtuamu serta tidak lupa kepada tunanganmu.



Subroto

SMS atau Ucapan selamat bertunangan pada teman, dalam bahasa Inggris


Dear my friend, Duncan M
I’ve been informed, that you are engaged now, and therefore I hasten write a letter to congratulate you. How lucky you are? You’re occupy a good position, while I’ve been told that your future wife is the best of girls. You seem to be a lucky bird! Do take a proper care of her.


Will you please send my kindest regards to your parents and your fiancée?

Yours truly

Subroto

Penutup Kata

Akan tetapi tak lupa kami sampaikan pula, bahwasanya berakrab-akrab dengan orang yang berbeda agama, terkadang menimbulkan rasa tidak enak, terutama jika sudah berkaitan dengan keyakinan. Karena itu kami sarankan, hindarilah undangan acara yang sifatnya ditujukan untuk acara-acara keagamaan, karena bisa menyusupkan keraguan, syubhat dalam hal keimanan. Jika hadiah sudah bisa mewakili, cukuplah bingkisannya sebagai wakil. Wallahu a'lam