Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pepeling Jawa Lagu Daerah Maskumambang Bumi Noto laras slendro pathetmanyura dan artinya dalam Bahasa Indonesia

Pepeling Jawa Lagu Daerah Maskumambang Bumi Noto laras slendro pathet manyura 

Beserta artinya dalam Bahasa Indonesia. Ini adalah lagu saat saya masih kecil, waktu itu SD kelas 4 atau 5. Mendapatkan tugas sekolah untuk lomba menyanyikan lagu daerah di kecamatan. Suaranya sumbang, tanpa iringan musik walhamdulillah. Hanya syair kidung yang dibaca khusyu, penuh penghayatan, tanpa mengetahui persis apa arti maknanya, karena umur masih belia. 

Lirik lagu Jawa Maskumambang

Oke, langsung to the point inilah lirik lagu Jawa Maskumambang tersebut. Lagu ini termasuk dalam kidung lagu macapat. Apa itu macapat? Mereka orang yang lahir tahun 1980 an pasti tahu lagu ini insyaAllah.

Mugi Allah ingkang dhahat moho asih
Semoga Allah yang maha pemurah lagi maha pengasih
tumunten paringaa
berkenan memberikan
pepenget kang podho lali
peringatan - pepeling - kesadaran pada mereka yang sedang khilaf
eling eling mring kautaman
supaya selalu ingat kepada keutamaan

#tag lagu bahasa jawa indonesia ramadhan islami

Dulu terkenal, Sekarang Marginal

Itu adalah lagu yang dahulu sempat hits, dahulu sekali tentunya, pada jaman kasunanan, atau jaman eyang buyut saya mungkin. Tetapi kini lagu macapat tersebut sudah semakin sirna seiring dengan kedatangan kim hyung joon dari korea, lagu-lagu barat yang semakin populer, serta group musik domestik yang semakin eksis posisinya di belantara musik Indonesia.

Nilai penting lagu Jawa dan sajak tradisional lainnya

Lagu tradisional dapat membantu orang memahami suatu negara dengan lebih baik. Karena hal tradisional inilah yang mewakili sejarah, tradisi, dan pemikiran suatu komunitas. Misalnya musik rakyat Jawa yang juga sangat beragam serta mengekspresikan kegiatan budaya spiritual masyarakat pedesaan dan sarat dengan muatan nasihat.
Konsep Lagu Tradisional Jawa: Ini pada umumnya lagu dan syair yang dibuat secara umum menjadi pengajaran petuah-petuah kebajikan. Akan tetapi tidak berlanjut produksinya pada saat ini. Lagu-lagu jawa saat ini didominasi oleh campur sari, perpaduan populer antara lirik jawa dengan aransemen musik dangdut.

Kapan lagu dan syair Jawa terakhir populer?

Lagu dan syair Jawa masih sangat populer di tahun semenjak sebelum kemerdekaan dibawakan oleh berbagai macam pertunjukan kesenian, seperti ketoprak, wayang orang, wayang kulit hingga tahun 2000 an. Semnjak tahun 1990 ketoprak, wayang orang mulai memudar. Sanggar seni mulai redup, tetapi dunia pedalangan masih tetap berjaya hingga tahun 2015an lalu tahun-tahun selanjutnya mulai menurun. 

 
Maskumambang

Wayang kulit di era pandemi

Saat ini boleh dikatakan tahun kegelapan bagi dunia seni pertunjukan tradisional. Sebetulnya tidak hanya pertunjukan tradisional saja, tetapi seluruh dunia pertunjukan akibat pandemi virus corona yang menyerang seluruh dunia. Ada hikmah dalam setiap kejadian, akan tetapi tidak semua bisa menyadarinya. Adalah orang bijak bisa memahami apa di balik ujian yang Allah azza wa jalla timpakan kepada manusia saat ini. Tak lain tak bukan ialah ujian, supaya manusia bertaubat kembali ke jalan yang benar